Tips
Modifikasi Performa Mesin Yamaha Mio Drag berikut ini agar supaya
lebih meningkatkan tenaga pacu terhadap motor matik mio yang
sekarang ini memang selalu di identikkan dengan gaya mio drag, lihat
hasil modifikasi yamaha mio drag race yang ikut dilombakan pada 2011
lalu. Sedikit ngebahas masalah drag motor yang merupakan salah satu
ajang balap motor yang mengadu kecepatan serta keterampilan pengemudi
(joki) dalam mengendarai dan memacu motornya.

Trek
yang digunakan dalam kompetisipun biasanya menggunakan trek lurus
tanpa belokan yang hanya berjarak ratusan meter saja. Pemenangnya
ditentukan dengan catatan waktu tercepat. Nah untuk para
fotomodiflover yang ingin motor mio kesayangan melaju cepat bak model
yamaha mio drag.., yuk simak tips cara modifikasi mesin yamaha mio
berikut :
Cara
Modifikasi Mesin Mio Langkah 1: Ganti knalpot racing (danpilot jet
kalo perlu),roller,per cvt,…(dengan ubahan ini tidak akan menambah
top speed, tapi akselerasi bertambah).
Anda
Bisa search harga knalpot CDI di web ini.
Masing-masing
knalpot punya spek sendiri..enak di rpm bawah, medium, atau high,
atau gabungan.
Estimasi
:
Roller:
satu buah paling 9rb atu 10 rb.. pakai kombinasi 9gr-11gr, atau
10gr-10,8gr(std). (yg paling umum utk mtr std), atau terserah
Anda,tergantung di rpm berapa anda ingin bermain.
Per
CVT: ada merk lhk,cld,kitaco,barra,dsb…kisaran 80-110rb.. per cvt
yang merah untuk 2000rpm,yang putih 1500rpm.
Cara
Modifikasi Mesin Mio Langkah 2:===>Papas head 0,5-0,8 mm,noken as
racing,per klep racing, koil racing, CDI racing unlimiter…(nah di
tahap ini mulai serius karena ada beberapa part std yang kena bubut,
dan mesin mulai dibongkar-bongkar..)
Papas
Head: 0.5-0,8 mm..kisaran paling 25 rb..tergantung bengkel bubutnya,
dan ongkos bongkar head cylinder + skir klep..kisaran 50rb,75rb
tergantung bengkel
Noken
As Racing: beragam merk CLD,LHK,KAWAHARA, kisaran harga sekitar
300rb-450rb..
Masing-masing
noken as punya spek sendiri ada yang korek harian atau kompetisi,
dibedakan atas derajatnya..misal-280drajat,sampe 330 drajat
Jika
mengganti noken as dgn yg racing, maka per klep jg hrs diganti yg
lebih keras(racing) untuk menghindari klep floating pada putaran
atas. merk beragam sama spt diatas..
Tenaga
pada mesin 4 tak (4 stroke) yg besar, berasal dari modifikasi head
(utk kompresi), dan durasi noken as !! koil racing: ada beberapa
merk: XP andrion,blue thunder,nology, CLD,kitaco,,,dsb harga kisaran
150rb-250rb.
Koil
akan bekerja maksimal jika juga dilakukan perubahan pada CDI. CDI
racing : Ada beberapa merk: XP,black
hawk,kitti,shindengen,BRT,kitaco,rextor,dsb…kisaran 250-1jt.
Beberapa
CDI racing da yang yang bisa deprogram (programmable), dan ada yang
dual band.
Masing-masing
CDI tsb mempunyai spek derajat pengapian yang berbeda.. (tanya
penjual)
NOTE:
produk yang baik pasti akan menyertakan spek nya pada kemasan.
Cara
Modifikasi Mesin Mio Langkah 3: Membesarkan CC alias Bore UP!!!! ini
adalah step yang paling sangat serius walaupun masih dapat digunakan
untuk harian.banyak part yang harus diganti untuk mengimbangi
besarnya tenaga..dan agar tenaga yang besar tsb dapat maksimal..
Banyak
merk di pasaran untuk blok bore up: merk eon (diameter 58,5mm)
kisaran 600-750 rb (yg ceramic) merk RRGS (diameter 58,5) kisaran
700-850 rb. jika piston diganti dengan ukuran 58,5 mm maka mio/nouvo
akan bengkak menjadi 155cc (dengan stroke std).. untuk merk RRGS juga
terdapat hingga diameter 73mm (kalo ga salah)..tapi yang pasti diatas
58,5 mm maka crankcase harus dibubut… untuk paket yang lebih murah,
jg terdapat piston merk HI-speed dengan uk.69mm ke atas (tanpa
blok)..bisa didapat di harapan motor (cineng) kebon jeruk III, atau
MC racing.. atau untuk pembesaran hingga 125 cc dapat digunakan
piston Daytona khusus untuk mio/nouvo.. bisa didapat di Daytona
ciledug (sebelah raja motor).
Setelah
pembesaran diameter piston maka selanjutnya adalah pembesaran
diameter klep,bisa memakai klep sonic atau shogun atau dapat dibeli
paket yang langsung plek beserta head cylinder.. bisa didapat di
matic shop ciledug, JP racing, Raja motor ciledug,matic corner
cinere,dsb….harga kisaran 1,2-1,8 jt..
Jika
anda memodifikasi sendiri head cylinder, harap diperhatikan Squish
yang diaplikasi… untuk mengimbangi tenaga yang besar, maka belt
harus kuat (kevlar) walau untuk harian belt std jg msh dapat
diandalkan. juga rumah roller (variator) harus diganti dgn yg lebih
besar (kitaco,RRGS,TDR,…dsb)…
Setelah
itu adalah penyaluran tenaga yaitu gigi rasio… penggantian rasio
tergantung dengan trek (harian, drag, atau road race)…tapi untuk
herian yang kadabg-kadang dipakai berboncengan gigi rasio std nouvo
udh lmyn panjang…
Kemudian
hal yang vital yang harus diganti adalah karburator.. biasanya
memakai keihin PE 28,krn harganya lmyn terjangkau…kisaran
450-550rb…dan
Selanjutnya
adalah setting spuyer (main jet- pilot jet)… modifikasi diatas
biasa dilakukan pada motor mio/nouvo… semuanya tergantung mekanik
atau bengkel yang menjadi bidan motor anda.
0 komentar:
Post a Comment