BAK MESIN[CARTER/KRENCACE] ialah
bagian dari bawah motor yangberguna
untuk;
1. Tempat
minyak pelumas mesin/ oli mesin.
2. Tempat
kruk as dengan perlengapanya.
3. Tempat
pesawat kopleng dan verseneling.
4. Tempat
alat-alat lainya yang merupakan perlengkapan mesin.
Bak mesin terdiri dari
belahan-belahan yaitu tutup bak kanan dan mesin bagian tengah dan tutup bagian
kiri.Masing-masing belahan di ikat dengan yang lain mengunakan baut-baut blok
yang sewaktu=waktu bisa di gunakan untuk membuka mesin abila di perlukan bila
terjadi kerusakan di dalam bak mesin.Setiap sambunan di lapisi dengan
paking/perpak ini terkecuali pada belahan tengah pada motor 2 tak yang biasanya
tidak memakai paking.
Gngguan paa bak mesin dan cara mengatasinya ;
1. Kebocoran
oli pada sambunganya,periksalah baut bila sudah benar-benar keras maka yang
perlu di ganti adalah paking-pakingnya.
2. Kebocoran
melalui as slag ,pada verseneling atau as sekundernya gantilah oli sealnya.
3. Lubang
dudukan as/lager aus,bawalah ke bengkel untuk di overboos.
4. Kalau
retak,cobalah di las atau usahakan dengan menganti alat trsebut.[baru].
CATATAN;
Apabila waktu pembelahan mesin mengalami sesulitan jangan di congkel
pakai obeng,Gunakanlah palu karet/plastik,untuk mencegak kerusakan pad bak
mesin.
0 komentar:
Post a Comment