RANTAI
MESIN/RANTAIKETTING
Gunanya untuk menghubunkan gigi kruk as dengan gigi noken as
,sehingga putaran kruk as dapat di teruskan ke noken as dan terjadilah
persesuiaan gerak naik turunnya piston dengan terbuka dan tertutupnya klep
dalam melaksanakantai yang prosess kerja motor 4tak.
Spelling yang baik adalah 1-2mm .Untuk mencapai ketegangan
rantai yang splling seperti itu maka di gunakan alat yang di sebut Tensioner
yang terbagi menjadi 2 sebagai beerikut;
1.
Tidak dapat bergerak,ini bekerja secara otomatis
artinya tidak dapat distel.
2.
Dapat bergerak
secara mekanis ,yang terdapat alat untuk menyetel apabila terjadi kekendoran pada rantai di
tersebut
Rntai motor yang mengunakan system otomatis ini terdapat
pada type HONDA S90 dan Benly dll.Yang pada umumnya keluaran motor di bawah
tahun1970.Sedangkan untuk system mekanis
terdapat pada motor type CBLOOK dan CB125S.
Ganguan pada rantai
motor;
·
Bila kendor atau speliing nya melebihi 2mm maka
berakibat berisik pada motor dalam
keadan hidup.
·
Bila terlalu kencang maka akan berakibat berat
pada putaran mesinnya.
·
Bila rantai sudah habis stellnya maka haruslah
di ganti dengan yang baru.[biasa mulur].
0 komentar:
Post a Comment