PEN PISTON
Terdapat pada piston
gunanya;
1.
Menghubungkan piston dengan batang piston[stang
piston].
2.
Meneruskan gerakan piston ke stang piston.
3.
Meneruskan tenaga tekanan pembakaran dari piston ke stang piston.
Yang perlu di
perhatikan.
Piston pen tidak boleh spelling kedudukanya ,baik terhadap
piston maupun stang piston.Bila kedudukan pen piston oblag/spelling kemungkinan
adalah;
1.
Piston pennya sudah aus.
2.
Lubang piston pennya aus [piston/small end].
3.
Loger piston pen aus[khusus motor 2 tak]
Kedudukan piston
penyang oblag dapat berakibat;
1.
Suara motor menjadi berisik.
2.
Cylinder,piston dan ringnya cepat rusak,karena
gerak naiknya dan turunya piston tidak aus
3.
Timing
motor menjadi tidak tepat dan
sulit disetelnya kaerna tanda-tanda
penyesuaianya tidak cocok dengan kenyataanya.Biala distel tepat kenyataanya ,voor sehingga mesin panas
dan tenaganya kurang.
Stang
piston/conecting rod/batang torak
Gunanya untuk;
1.
Menghubungakan piston dengan kruk as.
2.
Meneruskan gerak pistonke kruk as atau
sebalknya.
3.
Merubah gerak naik turun menjadi gerak putar.
4.
Meneruskan tenaga tekanan motor dari piston ke
kruk as sehingga berubah menjadi tenaga putar.
Syarat-syarat stang
piston yang baik adalah;
1.
Batangnya tidak bengkok.
2.
Small end[kepala kecil] maupun big end[kepala
besar tidak aus]
3.
Kedudukanya pada kruk as tidak spelling keatas
dan kebawah.
4.
Min aksialnya masih menemui syarat yang
baik,yaitu 0.8-2mm.
Pengaruk kerusakan
steng piston terhadap motor.
Bila stang piston menglami kerusakan seperti;batangnya
bengkok small ens aus,lager stangnya aus atau big end aus,kesemuanya itu di
nyatakan dengan istilah stang piston bengkok,karena akan mempengaruhi
gerakan-gerakan piston yang tidak lurus .Akibatnya lebih parah daripada
kedudukan piston pen yang spelling
keatas dan kebawah yaitu;
1.
Suara motor berisik terutama waktu di gas.
2.
Cylinder tergores /berebet-berebet ,demikian
juga pistonya.
3.
Ring cepat aus ,karena goresan yang berat tidak
merata.
4.
Motor cepat panas dan tenaga kurang.
5.
Timingnya motor selalu voor,sehingga sering
timbul ledakan waktu di gas.
Perbaikan tidak ada cara lain kecuali harus ganti stang piston dengan yang baru ,yang
pemasanganya kita serahkan aja ke bengkel bubut.
CATATAN;
·
Main aksinya connectig rod yang baik;0,8-2mm
·
Spelling big end yang baik antara lain
0,2-0,7mm.
0 komentar:
Post a Comment