Recent comment










My Blog List





Page views

Powered by Blogger.

Pages - Menu

Translate

Blogger templates

bener


CYLINDER MOTOR

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Cylinder motor adalah;Alat yang terpasang antara kepala cylinder dengan bak mesin tempat geraknya piston naik turun dalam melaksanakan  langkah kerja proses motor.
1.Tutup kepala cylinder
Alat ini hanya ada dalam motor 4 tak yang berguna untuk;
a.Melindungi pesawat klep.
b.Menahan oli agar tidak memancar keluar waktu mesin hidup.
Yang perlu di perhatikan disini ialah waktu memasang paking dan mengeraskan baut,harus dengan cara menyilang supaya tidak menimbulkan kebocoran oli atau keretakan pada cylinder kopnya.Karena untuk alat ini sangat sekali mudah retak,juga pemasangan baut gan pula terlalu keras.
2.TUTUP KLEP
Gunanya untuk menutup lubang setelan klep/mengontrol,ini terdapat  pada semua type HONDA kecuali Honda Benly dan CG ,apabila terjadi kebocoran oli pada penutup klepnya ini kebanyakan di sebabkan oleh cara menutup yang kurang rapat atau juga karena seal oli rusak.
3.CYLINDER HEAD[KEPALA CYLINDER]
Letaknya di atas cylinder ,,\yany berguna untuk;
a.Sebagai penutup cylinder.
b.Tempat ruang pembakaran/compressi.
C.Tempat duduknya busi.
d.Juga terdapat sirip pendingin mesin.
Untuk Kepala cylinder motor 4 tak  terdapat;
a.Bos klep.
b.Sitng klep.
c.Tempat duduknya noken as.
d.Saluran gas masuk dan keluar.
e.Terdapat 2 buah klep lengkap dengan perdan kancing klepnya[penahan kedua klepnya.
Syarat-syarat cylinder yang baik adalah sebagai berikut;
a.Tidak retak,ababila ada yang retak harus di ganti yang baru.
b.Ruang pembakaranya harus selalu dalam keadan bersih,agar motor        tidakcepat panas yang dapat menimbulkan knoking/mengelitik/denotasi.
d.Drat dudukan busi tidak dol,bila nyampe dol usahakan untuk di overboos untuk menghindari kebocoran pada pembakaran/compressi motor.
d.Permukaan sambungan cylinder dengan cylinder head harus rata,untuk menghindari kebocoran pada compressi.
e.Rusuk pendingin harus selalu bersih agar pendingin motor dapat berjalan dengan sempurna agar tidak mudahpanas.
f.Pemasangan kenalpot juga harus di usahakan sebaik mungkin jangan sampai terjadi kebocoran yang di sebabkan paking.
g.Lubang bulat rata dan licin dari atas sampai bawah.
h.Pda dindingnya tida terdapat goresan yang biasanya di tmbulkan dari ring piston.
i.Terdapat piston yang tidak longgar  melebihi apa yang telah di tentukan.
j.Untuk jenis motor 2 tak saluran masuk dan bilas serta buangnya harus selalu dalam keadan bersih.
k.Tidak retak/pecah.
Untuk  kepala cylinder motor 4 tak yang perlu di perhatikan dengan tiliti antara lain;
a.Dudukdn bos klepnya harus kuat,agar oli tidak masuk ke ruang pembakaran, karena dapat  menimbulkan kekotoran pada busi sewaktu meloncatkan bunga api.[ciri-ciriuntuk kerusakan ini biasanya pada knalpot keluar banyak asap].
b.Lubang dudukan noken as tidak aus,atau spelling dan apabila ini terjadi pada motor maka noken as harus di overboos.
c.Siting pada klep harus rata dan tidak aus,agar klep dapat bekerja dengan baik,apabila terjadi keausan pada dudukan klep,maka dudukan tersebut harus diskoor klep.
CACATAN;
a.Supaya tidak menimbulkan kesulitan dan kerusakan pada baut  kepala cylinder dalam membuka haruslah sedikit demi sedikit di kendorkan dengan cara menyilang agar sampai terlepas.
b.Juga dalam pemasanganya antara cylindar dengan cylinder head  harus benar-benar rata,kemudian baut di pasang secara perlahan sampai kerasnya merata.[cecara menyilang].
Cara menentukan ukuran cylinder;
Ukuran yang biasanya di pakai dalam istilah ini adalah;STANDARD dan OVERSIZE.Untuk stsndard ialah ukuran yang masih asli,belum pernah mengalami perubahan yang di lakukanoleh bengkel.Sedangkan OVERSIZE ialah ukuran yang telah mengalami perubahan dari aslinya yaitu pembesaran .Pekerjaan pembesaran dapat juga tisebut dengan  mengkorter cylindr yang di kerjakan di bengkel bubut.Untuk mengetahui perlu tidaknya cylinder da korter ialah dengan melihat ukuran piston yang terdapat di permukaan piston.Tanda-tandanya biasanya dengan kode sebagai berikut;
-STD artinya piston masih standard/asli
-025 artinya piston oversize 25
050 artinya piston overzise 50,dan seterusnya
Ukuran oversize pada piston mencapai 100 dan apabila terjadi kerusakan pada oversize terahir maka cylinder harus di lakukan pengantian dengan yang baru berikut dengan piston dan ringnya,angka tersebut di atas  terdapat pada piston  menjukan piston lebih besar  dari  cylinderya,yang harus kita lakukan adalah dengan membawanya ke bengkel bubut  bersama piston untuk kemudian di korter sesuai pada tanda pistonya.
Pengaruah cylinder pada motor antara lain ;
1.Motor bocor compressi,sehingga susah di hidupkan.
2.Setelan saat motor hidup susah distel langsamnya.
3.Tenaga motor kurang dan cepat panas.
4.Waktu di gas tmbul suara berisik dari dalam cylinder.
5.Pada motor Honda selalu berasap  pada knalpotnya dan olinya akan menyebabkan pemborosan.
6.Untuk motor 2 tak sering menimbulkan ledakan dalam ruangan motor.
Cara menghadapi ganguan pada cylinder;
Selain cylinder yang oversize 100,retak/pecah dapat di atasi sebagai berikut;
a.Periksa ukuran piston yang telah ada.
b.Priksa ukuran cylinder biasa apa parah
c.Bila bias artinya hanya terdapat goresan –goresan kecil,berikan aja ukursn piston yang ukuranya satu tingkat lebih besar kemudian cylinder di bawa ke bengkel bubut untuk kemudian di korter.
d.Bila parah ini biasanya terjadi pada waktu ring pistonmengalami patah yang tidak di ketahui sebelumnya,makalakukan saja dengan menganti piston 2 kali lebih besar[Contoh cylinder STD maka piston di ganti dengan oversize 050.

0 komentar:

Post a Comment

 
2012 nohape | Blogger Templates | Powered by Blogger.com
Template modified by: Tukang Toko Online