KRUK AS/POROS
ENGKOL/CRANK SHAFT
Adalah alat menanis
motor yang berguna untuk;
1.
Merupakan gerak naik turun piston menjadi gerak
putar.
2.
Tempat penyimpanan tenaga mesin.
3.
Tempat kedudukan
sebagian alat-alat mekanisme motor.
Kedudukan kruk as pada bak mesin di lapisi lager bearing
yangdi sebut lager kruk as /crank shaft bearing.Bila lager ini rusak akan
berakibat kedudukan kruk as
spelling ke atas kebawah dan kedalam
keluar .Kedudukan kruk as demikian sudah tentu berakibat parah terhadap
hidupnya motor seperti;
1.
Timbulnya suara berisik dan keras.
2.
Kdang – kadang sebentar-sebentar motor cepat
mati saat dalamkeadaan mesin hidup.
3.
Motor sangat panas dan tidak bertenaga.
4.
Motor menjadi macet tidak dapat di slag/di putar
kruk asnya.
Alat yang perlu di
perhatikan pada kedudukan kruk as.
1.
Dudukan Magnetnyaharus stabil[perhatikan spi
magnetnya dan lubang spinya].
2.
Drat padaujung kanan harus baik.
3.
Oli kruk as padia motor 2 tak haruslah di ganti
dengan yang baru waktu pembongkaran agar tidak terjadi kebocoran pada compressi
carter.
4.
Letak blancer/keping imbangnya harus berjalan
sama dan harus simetris / lurus.
Keterangan;Untuk
mencapai kondisi mesin yang stabil dan sempurna,makakruk as dalam keadaan baik.
Gigi kruk as [timing
spocket]
Gigi ini hanya terdapat pada kruk as motor 4 tak yang
gunanya untuk ,dan yang perlu di perhatikan ialah;
1.
Tidak aus ,supaya waktu mesin hidup tidak
berisik,tidak menganggu bunga api yang
di hasilkan,dan kelep bergerak dengan bak
2.
Waktu menghubungkan gigi kruk as dan gigi noken
as harus sesuai pedomanya,bebab dapat berakibat mesin tidak hidup,karena gerak
naik turun piston tidak sesui dengan te rbuka dan tertutupnya
klep,sehingga pengoprasianya kerja mesin
tidak sempurna dengan baik.
0 komentar:
Post a Comment