Recent comment










My Blog List





Page views

Powered by Blogger.

Pages - Menu

Translate

Blogger templates

bener


RING PISTON MOTOR

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

RING PISTON
Terpasang pada piston gunanya untuk;
1.       Merapatkan dinding piston dengan cylinder.
2.       Mencegah kebocoran compressi.
3.       Mencegah kebocoran pembakaran gas.
4.       Menimbulkan isapan motor.Mencegah oli naik ke ruang bakar[4 tak].
Type ring piston;
1.       Planne Ring;Ialah ring yang permukaanya bagian atas dan bawah datar.Contoh pada;Honda,Vespa,Lambretta,dll.
2.       Kyston ring;ialah permukaan atasnya miring 70 sedangkan yang di bawah datar.Contoh pada;Yamaha,Kawasaki,Suzuki,dll.
Jenis ring yang terdapat pada motor 4 tak;
1.       Ring compressi 1;Mencegah kebocoranya compressi dan pembakaran.Tanda;warna putih mengkilap dan tebal dari ring compressi 1[tidak berparit]
2.       Ring compressi 2;Membantu ring compressi 1 dan dapat menimbbulkan isapan cylinder.Tanda;warna suram dan tipis[bagian bawah terdapat parit/alur].
3.       Ring oli;Meratakan oli dinding cylinder dan mencegah naiknya oli ke permukaan bagian atas dari piston.Mempunyai banyak lubang tempat jalanya carter.
Jenis ring motor 2 tak;
1.       Ring compressi1;Menimbulkan compressi cylinder  dan mencegah  bocornya pembakaran.Tanda;terdapat tulisan IST artinya first untuk ring kesatu.
2.       Ring compressi2;Membantu ring pertama,menimbulkan isapan carter  dan menimbulkan compressi carter ini hanya terjadi pada motor 2 tak.Tanda;kadang-kadang tertuliskan 2nd artinya second [untuk ring ke 2].
Pengunaanya;
Size[ukuran] ringnya harus sama dengan size piston dan cylindernya.Untuk beberapa jenis motor banyak yang mengunakan alat tersebut EXPANDER Ring.Alat tersebut dengan mempertinggi daya kerja dari ring yang bersangkutan.Sistem EXPANDER ini misalnya di gunakan pada ring oli Honda CG 110/125 juga pada motor yamaha yang berada di ring ke 2.
Cra pemasangan ring ;
1.       Tanda size atau merek ring mengh pada mptor 4 tak tidak di menghadap ke TA.
2.       Alur / lubang harus bersih [tidak aus].
3.       Pemasangan ke dalam cylinder ujung ring diatur berjauhan untuk motor 4 tak,karena tidak memiliki pedoman ,untuk motor 2 tak sudah terdapat NOK/CAM tingal penempatanya saja.Apabila  bila pada mmotor 4tak tidak di perhatikan penempatanya  ujungnya maka akan berakibat kebocoran pada waktu kerja compressi.
CATATAN;
·         Artinya kerusakan cylinder,piston dan ring piston mempunyai akibat yang sama.
·         Spelling  pistonring terhadap alurnya yang baik adalah;0,020-0,030.
·         Gap/rengang ujung pertemuan ring di dalam cylinder yang baik adalah;0,14-0,45mm.

0 komentar:

Post a Comment

 
2012 nohape | Blogger Templates | Powered by Blogger.com
Template modified by: Tukang Toko Online