RING PISTON
Terpasang pada piston
gunanya untuk;
1.
Merapatkan dinding piston dengan cylinder.
2.
Mencegah kebocoran compressi.
3.
Mencegah kebocoran pembakaran gas.
4.
Menimbulkan isapan motor.Mencegah oli naik ke
ruang bakar[4 tak].
Type ring piston;
1.
Planne Ring;Ialah ring yang permukaanya bagian
atas dan bawah datar.Contoh pada;Honda,Vespa,Lambretta,dll.
2.
Kyston ring;ialah permukaan atasnya miring 70
sedangkan yang di bawah datar.Contoh pada;Yamaha,Kawasaki,Suzuki,dll.
Jenis ring yang
terdapat pada motor 4 tak;
1.
Ring compressi 1;Mencegah kebocoranya compressi
dan pembakaran.Tanda;warna putih mengkilap dan tebal dari ring compressi
1[tidak berparit]
2.
Ring compressi 2;Membantu ring compressi 1 dan
dapat menimbbulkan isapan cylinder.Tanda;warna suram dan tipis[bagian bawah
terdapat parit/alur].
3.
Ring oli;Meratakan oli dinding cylinder dan
mencegah naiknya oli ke permukaan bagian atas dari piston.Mempunyai banyak
lubang tempat jalanya carter.
Jenis ring motor 2
tak;
1.
Ring compressi1;Menimbulkan compressi
cylinder dan mencegah bocornya pembakaran.Tanda;terdapat tulisan
IST artinya first untuk ring kesatu.
2.
Ring compressi2;Membantu ring
pertama,menimbulkan isapan carter dan
menimbulkan compressi carter ini hanya terjadi pada motor 2
tak.Tanda;kadang-kadang tertuliskan 2nd artinya second [untuk ring ke 2].
Pengunaanya;
Size[ukuran] ringnya harus sama dengan size piston dan
cylindernya.Untuk beberapa jenis motor banyak yang mengunakan alat tersebut
EXPANDER Ring.Alat tersebut dengan mempertinggi daya kerja dari ring yang bersangkutan.Sistem
EXPANDER ini misalnya di gunakan pada ring oli Honda CG 110/125 juga pada motor
yamaha yang berada di ring ke 2.
Cra pemasangan ring ;
1.
Tanda size atau merek ring mengh pada mptor 4
tak tidak di menghadap ke TA.
2.
Alur / lubang harus bersih [tidak aus].
3.
Pemasangan ke dalam cylinder ujung ring diatur
berjauhan untuk motor 4 tak,karena tidak memiliki pedoman ,untuk motor 2 tak
sudah terdapat NOK/CAM tingal penempatanya saja.Apabila bila pada mmotor 4tak tidak di perhatikan
penempatanya ujungnya maka akan
berakibat kebocoran pada waktu kerja compressi.
CATATAN;
·
Artinya kerusakan cylinder,piston dan ring
piston mempunyai akibat yang sama.
·
Spelling
pistonring terhadap alurnya yang baik adalah;0,020-0,030.
·
Gap/rengang ujung pertemuan ring di dalam
cylinder yang baik adalah;0,14-0,45mm.
0 komentar:
Post a Comment