Blogger news

Searching...
Tuesday, May 7, 2013

CARA KERJA MOTOR 2 TAK


TAK 1[Peroses masuknya gas,memenpatkan dan pembakaran gas].
Ø Zuiger bergerak dari TB ke TA.
Ø Bersamaan dengan terbukanya lubang saluran masuk,maka gas dari carburator terhisab masuk dalam carter[ruang kruk as].
Ø Gas yang berada di atas zuiger[piston] dalam cylinder akan di compressi atau di mampatkan.
Ø Saat  zuiger hampir mencapai TA ,dari busi meloncatkan bunga api listriknya tegangan tinggi untuk membakar gas yang telah di mampatkan dalam cylinder.
TAK 2[Peroses kerja.compressi carter, buang dan cuci atau bilas]
Ø Zuiger bergerak dari TA menuju TB.
Ø Gas di dalam cylinder yang telah di bakar akan berusaha mengembang lalu mendorong  zuiger kebawah dengan di sertai tenaga tekanan lalu kemudian tekanan tersebut akan di simpan dan di rubah oleh kruk as  menjadi tenaga motor.
Ø Sedangkan gas di dalam carter akan di copressi yang di sebut dengan compressi carter.
Ø Kemudian lubang saluran keluar terbuka oleh zuiger ,maka gas sisa pembakaran dengan sendirinya akan keluar melalui saluran buang dari dalam cylinder yang langsung menuju knalpot.
Ø Pada waktu lubang saluran bilas telah terbuka oleh zuigar,maka gas yang telah di compressi di dalam carter akan berusaha naik ke atas zuiger untuk membersihkan sisa pembakaran gas yang masih tertinggal di dalam cylinder,dan sekaligus gas baru tersebut menmpati ruangan cylinder untuk kemudian di bakar dan ini terjadi terus menerus selama masih dalam keadaan hidup. 


0 komentar:

Post a Comment