TAK
1[Peroses masuknya gas,memenpatkan dan pembakaran gas].
Ø Zuiger bergerak dari TB ke TA.
Ø Bersamaan dengan terbukanya lubang
saluran masuk,maka gas dari carburator terhisab masuk dalam carter[ruang kruk
as].
Ø Gas yang berada di atas
zuiger[piston] dalam cylinder akan di compressi atau di mampatkan.
Ø Saat
zuiger hampir mencapai TA ,dari busi meloncatkan bunga api listriknya
tegangan tinggi untuk membakar gas yang telah di mampatkan dalam cylinder.
TAK
2[Peroses kerja.compressi carter, buang dan cuci atau bilas]
Ø Zuiger bergerak dari TA menuju TB.
Ø Gas di dalam cylinder yang telah di
bakar akan berusaha mengembang lalu mendorong
zuiger kebawah dengan di sertai tenaga tekanan lalu kemudian tekanan
tersebut akan di simpan dan di rubah oleh kruk as menjadi tenaga motor.
Ø Sedangkan gas di dalam carter akan di
copressi yang di sebut dengan compressi carter.
Ø Kemudian lubang saluran keluar
terbuka oleh zuiger ,maka gas sisa pembakaran dengan sendirinya akan keluar
melalui saluran buang dari dalam cylinder yang langsung menuju knalpot.
Ø Pada waktu lubang saluran bilas telah
terbuka oleh zuigar,maka gas yang telah di compressi di dalam carter akan
berusaha naik ke atas zuiger untuk membersihkan sisa pembakaran gas yang masih
tertinggal di dalam cylinder,dan sekaligus gas baru tersebut menmpati ruangan
cylinder untuk kemudian di bakar dan ini terjadi terus menerus selama masih
dalam keadaan hidup.
0 komentar:
Post a Comment